Friday, August 19, 2011

Ramadhan


Nominasi Naskah Buletin ZAID BIN TSABIT Solo



Ramadhan adalah bulan agung, kedatanganya perlu disambut dengan penuh kegembiraan dan penghormatan yang agung pula. Allah SWT menegaskan bahwa pada bulan ramadhan Al-Qur’an yang mulia diturunkan (QS. Al-Baqarah: 185). Di bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Yakni malam Lailatul Qadar ( QS. Al-Qadar: 1). Di bulan ini pula Allah SWT melimpahkan pahala yang berlipat ganda hingga puluhan, ratusan kali lipat, bahkan hingga jumlah yang Allah SWT kehendaki untuk setiap amal shalih dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain.

Layaknya kedatangan “tamu agung” seorang muslim yang cerdas tetnu akan melakukan persiapan yang optimal dengan mempersiapkan bekal iman, ilmu maupun amal shalih untuk menyambutnya. 

Di antara keutamaan-keutamaan puasa.

1.      Puasa merupakan perisai bagi umat muslim
Rasulullah memerintahkan bagi orang yang telah kuat syahwatnya akan tetapi belum mampu untuk menikah maka hendaknya ia berpuasa. Karena puasa dapat menjadi pemutus syahwat. Karena menahan kuatnya anggota badan hingga menenangkan. Seluruh angggota badan serta seluruh kekuatan (yang jelek) bisa ditahan hingga dapat melakukan ketaatan dan di belenggu dengan kendali puasa.

2.     Puasa bisa memasukan hamba ke dalam surga
Sesuai dengan hadits yang artinya. ”Hendaknya engkau melaksanakan puasa karena tidak ada yang semisal dengannya (HR. Nassai, Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

3.     Puasa sebagai kaffarat
Puasa dapat menjadi kaffarat (penebus dosa yang pernah dilakukan) bagi orang yang tidak mampu memberi kurban, kaffarat bagi orang kafir yang punya perjanjian karena tidak sengaja. Juga sebagai kaffarat bagi orang yang membatalkan sumpah atau yang membunuh binatang buruan di tanah haram. Dan sebagai kaffarat zhihan. Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 196.

4.     Pahala orang yang berpuasa tidak terbatas
Bau mulutnya lebih wangi dari kasturi dan ia memiliki dua kebahagiaan, sesuai dengan riwayat Bukhari dan Muslim.

5.   Puasa dan Al-Qur’an akan memberi syafa’at kepada ahlinya pada hari kiamat
“Puasa dan Al-Qur’an akan memberi syafa’aat pada hari kiamat. (HR. Ahmad Hakim) 

Back to Home

Related Articles

0 comment:

Post a Comment