Thursday, August 18, 2011

Ru'yatul Hilal Awal Ramadhan 1432 H


Ahad, 31 Juli 2011
30 Sya'ban 1432



Latihan perdana CASA | Club Astronomi Santri Assalaam kepengurusan baru. Sekalian pertama kali CASA seumur hidup latihan di Anjungan Lantai 6 Assalaam Center.




Acara ini (tepatnya acara karena kurang pantas disebut latihan) mulai pukul 16.30, dibuka oleh Ust. Muslim Ridho, S. Sos. selaku MC. Pesertanya macam-macam. Dari Assalaam ada 60 santriwan plus 80 santriwati (kata Ust. AR). 60 orang itu dipilih sama Yalah Fahri, gua sendiri, sama si Faisal.


Kemudian sambutan dari Mudir Ma'had and Kemenag Sukoharjo. Usai sambutan, barulah acara inti dimulai yaitu penjelasan singkat tentang Ru'yatul Hilal oleh pembimbing CASA. Penjelasannya mulai dari tinggi hilal, balapan bulan sama matahari, tinggi gunung Merbabu-Merapi yang menjulang tinggi di ufuk barat, kendala-kendala terlihatnya hilal, sampai kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Sembari mendengar penjelasan, mata gua beserta seluruh mata di lantai enam melihat ke ufuk barat mencari-cari hilal. Matahari tenggelam di gunung pas 4o pukul 17.22 WIB. Sedangkan matahari tenggelam pukul 17.38 ketika si hilal punya tinggi 6o 26'. Cukup tinggi. Tapi apa daya meskiipun dua teleskop Vixen yang gede-gede plus di-relay lewat empat monitor TV plus software Starry Night-nya Yalah Adnan sudah jalan, berhubung langit barat lagi berawan tebal-tipis campuran, hilal tidak terlihat secanggih apapun teknologinya.



Luqman ada di tengah-tengah masyarakat (hitam)




Akhirnya sekitar pukul 18.00 para tamu undangan Pak AR dan seluruh manusia yang terlibat turun lalu menuju Masjid Assalaam dengan tampang kecewa.


Related Articles

0 comment:

Post a Comment